Hahh….Rokok Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Mungkin kalian sudah banyak melihat orang merokok tersebar luas di mana-mana. Bahkan tempat-tempat yang dilarang merokok pun sudah ada orang yang berani melanggarnya. Menurutku merokok merupakan kebiasaan buruk yang mengakibatkan aneka ragam gangguan kesehatan. Ngomong-ngomong tentang rokok, ternyata baru-baru ini para peneliti dari Yale University, Amerika Serikat, telah menemukan fakta baru nih. Yakni, kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok pada remaja menyebabkan gangguan pendengaran dan menurunkan kemampuan memahami pembicaraan orang lain.

Sebagaimana seperti yang dilaporkan oleh situs www.bbc.co.uk, penelitian yang dilakukan Yale University melibatkan 67 remaja dengan usia 13 sampai 18 tahun menjadi objek penelitian. Dan ditemukan, remaja yang merokok atau dalam kesehariannya biasa terpapar oleh asap rokok, kurang bisa fokus dan menginterpretasikan suara ketika terjadi gangguan.

Setalah dilakukan pemindaian dengan komputer terhadap jaringan otak, remaja-remaja tersebut memiliki suatu substansi khusus berwarna putih dengan jumlah lebih banyak daripada mereka yang tidak terpapar asap rokok. Para ahli juga berpendapat substansi putih tersebut timbul sebagai akibat dari stimulasi nikotin yang terkandung dalam asap rokok terhadap asetilkolin yang merupakan salah satu zat kimia otak.

Nah…sekarang sudah tahukan bahwa merokok menyebakan gangguan pendengaran kita. Mendingan sekarang gantiin aja tuh rokok kalian dengan siwak kan lebih murah dan bikin gigi jadi bersih and wangii….plus dapet pahalah deh….

Oiya kalo di hitung-hitung mendingan juga uangnya di tabung buat masa depan. Bayangin aja kalo seminggunya ngabisin duit sekitar seharga 1 bungkus rokok coba kaliin aja 4 dan lihat terus pikirin deh udah berapa banyak duit yang kita habiskan selama 1 bulan.

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s