Pintar Dalam Manajemen Waktu

Apakah Anda pernah merasa waktu sehari kurang untuk menyelesaikan segala sesuatu? Apakah Anda pernah merasa terlambat? Betapa pentingnya waktu, terutama di saat-saat Anda harus menyelesaikan begitu banyak pekerjaan. Anda tentu tidak jarang merasa dikejar-kejar waktu atau dikejar deadline, sehingga tidak salah orang mengatakan ‘waktu adalah emas’.

Berikut ini beberapa tips buat Anda dalam mengatur waktu sehingga insya Allah hidup Anda bisa tertata dengan baik. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Sebelumnya saya mengutip artikel ini dari sebuah majalah bernama “genie” yang saya dapatkan dari rumah Pakdeh saya sehabis jogging ke PM(Plaza Metropolitan) Tambun.

Buat daftar “yang harus dilakukan” setiap hari.

Tempatkan pada urutan paling atas untuk hal-hal yang paling penting dan lakukan itu pada kesempatan pertama. Jika hasil yang Anda capai memuaskan, jangan lupa memberi pujian atau hadiah untuk diri sendiri.

Gunakan waktu luang dengan baik.

Beberapa bacaan atau kertas tugas dapat dipelajari selama perjalanan di dalam bus (daripada melamun yang tidak-tidak, iya kan?)

It’s Okay to say “No”.

Jika ada tugas mendadak yang datang dari orang lain atau atasan sehingga Anda harus lembur, sementara esok harinya ada tugas yang lebih penting yang harus diselesaikan, jangan sungkan menolak dengan alas an yang masuk akal. Artinya, Anda harus disiplin dan patuh pada prioritas- prioritas jangka pendek dan jangka panjang yang telah dibuat.

Temukan waktu dan mood yang tepat.

Anda akan bekerja secara efisien dan efektif jika Anda bisa mengindentifikasikan kapan waktu dan mood yang tepat untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Sebagai contoh, jika otak Anda terasa encer di sore hari untuk mengerjakan hitung-hitungan, jangan ditunda sampai larut malam.

Lakukan review pada catatan setiap hari.

Lihat kembali catatan atau tugas yang sudah Anda kerjakan, sehingga selain mengoreksi kesalahan yang mungkin ada, juga penguasaan Anda akan materi itu semakin bagus.

Komunikasi skedul anda pada orang lain.

Teman-teman, rekan bisnis atau anggota keluarga Anda perlu tahu rencana dan skedul kegiatan Anda, sehingga mereka tahu kapan Anda sibuk, kapan Anda punya waktu luang dan sebagainya.

Buat budgeting waktu.

Hitunglah jumlah waktu luang Anda dalam sepekan. Buatlah rencana untuk diri Anda sendiri sesuai waktu luang itu dan sesuaikan aktivitas Anda.

Jangan larut dalam kegagalan atau kekecewaan.

Apakah Anda menghabiskan seluruh waktu hanya untuk menyesali diri karena gagal melakukan suatu tugas atau tidak sempat melakukannya? Apakah itu sangat fatal? Dari pada harus terus merenung, lebih baik lakukan sesuatu, meskipun sedikit.

Tetapkan tujuan yang realistis.

Tujuan yang terlalu tinggi atau tidak realistik hanya akan membuat Anda gagal dan stress.

Mengetahui lama waktu yang dibutuhkan untuk suatu tugas.

Anda harus tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untu menyelesaikan tugas-tugas sehingga itu akan menuntut Anda bersikap realistis. Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan Anda dan tim Anda dalam menyelesaikan tugas.

Jangan terpaku pada lama waktu yang Anda rencanakan.

Jika bisa diselesaikan lebih cepat, kenapa tidak segera dituntaskan, sehingga Anda bisa mengerjakan yang lain. Mungkin tugas atau rencana berikutnya sangat membutuhkan waktu agak longgar untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kerjakan satu per satu.

Salah satu kunci sederhana dalam manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas. Anda takkan bisa mengerjakan dua tugas sekaligus dengan intensitas perhatian yang sama.

Hindari hal-hal kecil yang menyita waktu.

Disiplin untuk tetap mengerjakan apa yang telah Anda urutkan sesuai dengan prioritas. Sesekali Anda tergoda untuk melakukan hal-hal kecil itu boleh-boleh saja, tapi gunakan itu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran kembali. Tapi, jangan sampai keterusan dan meyita lebih banyak waktu Anda.

Gunakan alat bantu Time Management.

Sekarang sudah banyak dijual berbagai produk manajemen waktu, seperti agenda, to do list dan lain-lain.

Terimakasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memudahkan jalanku untuk mencari sebuah ilmu. Dan saya ucapkan juga terimakasih kepada majalah genie yang telah memberikan sebuah tips yang bagus. Insya Allah Artikel selanjutnya masih berhubungan dengan manajemen waktu yaitu membangun perilaku time management.

***

Referensi : Majalah GENIE

Download file pdf klik disini.

Pos ini dipublikasikan di Tips. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s