Membangun Perilaku Time Management

Pada artikel yang sebelumnya penulis telah memberikan bagaimana cara supaya pintar dalam manajemen waktu. Nah…sesuai dengan janji penulis kemarin, penulis akan memberikan bagaimana cara membangun perilaku time management. Sebelum berlanjut perlu diketahui karena begitu pentingnya

waktu,Tuhan kita pun Allah Subhanahu Wa Ta’ala sampai bersumpah atas nama waktu, dalam firmannya yang artinya: Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran. (QS. Al ‘Asr : 1-3)

Waktu adalah sangat berharga karena tidak dapat dihentikan, sehingga kita harus bisa menata waktu dengan baik supaya kita bisa bekerja lebih efektif, efisien, “cerdas” dan produktif. Semua itu didapat dengan cara membangun perilaku kerja yang peduli dan menghargai nilai waktu yang tiada taranya. Dibawah ini ada beberapa tips untuk membangun perilaku Anda agar peduli dengan management waktu:

Jangan menunda pekerjaan

Bagian yang sulit adalah memulai. Apalagi jika Anda tidak punya cukup bekal untuk mengerjakan suatu tugas. Janganlah menunggu datangnya ide, segera mulai pekerjaan Anda. Ketika Anda memulai, Anda akan mengetahui apa yang harus Anda kerjakan.

Proaktif

Tidak semua yang ingin Anda butuhkan datang dengan sendirinya. Menunggu hanya akan menghabiskan waktu Anda. Mulai sekarang bersikaplah proaktif, jangan hanya berharap dan mengeluhkan keadaan tapi bangkitlah dari kursi Anda dan temui masalah yang menghambat. Selesaikan di tempatnya dengan segera. Perlu diingat kata-kata ini ‘bila Anda tidak melakukan apa-apa, Anda pun tidak mendapatkan apa-apa.

Hentikan kegiatan yang menghabiskan waktu

Bermain ke rumah atau kos teman, mengobrol di telepon ataupun ponsel, menjelajah dan chating di internet, saling berkirim email, memang mengasyikkan, bisa menambah wawasan dan jaringan kerja, bahkan bisa mengurangi kelelahan dan stress Anda. Tetapi, jika itu semua itu tidak ada hubungannya dengan apa yang harus Anda kerjakan, maka Anda hanya akan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga, mulai sekarang lakukanlah sesuatu yang benar-benar bermanfaat.

Delegasikan tugas-tugas

Salah satu pembunuh waktu adalah mengerjakan semuanya dengan sendirian. Salah satu idiom manajemen yang kesohor adalah “melakukan sesuatu melalui orang lain”. Ini bukan untuk memberatkan orang lain, namun agar kita bisa mengerjakan sesuatu yang jauh lebih penting dan produktif sesuai dengan kapasitas dan tanggung jawab kita. Pertimbangkan dengan baik jika ingin mendelegasikan tugas-tugas, jangan sampai pendelegasian itu justru menyia-nyiakan waktu orang lain. Waktu yang Anda dan orang lain miliki adalah sangat berharga.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kemudahan bagi para pembaca dalam membangun perilaku time management, aamiin……

***

Referensi: Majalah genie

Pos ini dipublikasikan di Tips. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s